http://wartabangau.pgbbangauputih.com/pgb-grup-bintaro/ edisi Deember 2013

PGB Grup Bintaro

Salam Perguruan,
Diawali seseorang yang mencari Perguruan Silat Bangau Putih dan baru menemukannya di PGB cabang Kompas pada tahun 1990-an. Setelah berlatih giat, pada tahun 1997, saat masih berstatus sabuk biru, ia membuka grup PGB di wilayah sekolah Bunda Hati Kudus / gereja Kristoforus Grogol Jakarta. Karena kesibukannya yang sering keluar kota, akhirnya grup tersebut vakum. Meskipun demikian, grup ini pernah mengadakan latihan bersama cabang PGB se-Jakarta dan sampai saat ini masih ada kurang lebih 3 siswanya yang masih berlatih. Bahkan salah satunya saat ini sudah masuk dalam lingkaran pelatih di Pusat PGB di Bogor.

Tahun 2008, ia mulai aktif kembali berlatih dan membuka grup latihan PGB di sebuah Taman di perumahan Graha (seputaran Bintaro Tangerang Selatan). Sehubungan yang berlatih adalah anak-anak dan tidak dipungut biaya, walaupun sudah ada yang ujian kenaikan tingkat saat itu, tapi tidak bisa diharapkan kelangsungannya.

Di tahun 2009, ia membuka grup di Klub House Melati Mas Serpong. Disini ia banyak mendapat murid yang merasakan manfaatnya berlatih sehingga tetap berlatih sampai sekarang. Kebanyakan siswa bertempat tinggal di seputaran tempat latihan, paling jauh siswa dari Karawaci bahkan pernah dari Pluit. Bertindak sebagai penasihat adalah Pak Rudi, senior PGB dari Sukabumi yang tinggal di Melati Mas. Pada awal periode telah terbentuk Pengurus PGB Bintaro yang diketuai Bapak Edo dan jajarannya.  Juga pernah diadakan latihan bersama cabang PGB se-Jakarta dihadiri kurang lebih 75 peserta bertempat di Outdoor Melati Mas. 
Kemudian grup ini juga pernah berpartisipasi penuh dalam pelaksanaan latihan bersama cabang PGB se Jabodetabek di TMII 2011 dan berlangsung dengan sukses. Prestasi lain adalah pernah melakukan pertunjukan yang diisi oleh siswa anak-anak dalam pameran/bazar. Kami mengalami pasang dan surut, contohnya ketika tempat latihan kami dijual oleh pemiliknya sehingga memaksa kami untuk pindah ke Family Park Sport Centre di Bintaro.
Lalu kami pindah lagi ke Serpong Park. Ada lagi prestasi secara tidak langsung, siswa PGB telah menjuarai medali emas kejuaraan Shansou tingkat SMA. Sampai sekarang, kami telah menelurkan 3 sabuk biru polos dan sudah ada siswanya yang  telah ikut latihan di tingkat lingkaran kader pelatih di Pusat Bogor. Bahkan, siswa tersebut, yang bernama Stephen, telah memberanikan diri untuk mencoba melatih grup baru di sekitar BSD Taman Golf.

Dalam latihan kesehariannya, Grup Serpong, biasa diikuti oleh 20-an siswa terdiri atas anak-anak, remaja, dan orang tua. Jadwal latihan setiap hari Sabtu pukul 14.oo s.d. 16.00 WIB di Serpong Park Club House , Jl. BV-E1. No.1 Serpong Park Tangsel. Kami sadar akan pentingnya komunikasi yang baik diantara murid, orang tua, dan pengurus. Maka dari itu, biasanya setelah latihan kami tidak langsung pulang melainkan kami berbincang mengenai latihan  PGB. Sementara anak-anak bermain bersama di sekitar kolam renang atau taman depan. Pelatih juga membuka kesempatan kepada siswa PGB dan masyarakat luasuntuk dapat mengikuti diskusi yang diadakan oleh Pusat.

Selain itu, selama 4 tahun terakhir grup kami aktif dalam mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat di Bogor bahkan mengikuti perkembangan standard materi baru. Untuk kaderisasi, kamimemberikan kesempatan  melatih buat sabuk biru meskipun umurnya masih dikategorikan remaja.  Untuk menghindari latihan yang membosankan, kami rutin melakukan latihan outdoor, minimal 6 bulan -1 tahun sekali dengan mengadakan jogging bersama di Hutan Kota Serpong. Satu bulan yang lalu kami merayakan HUT grup PGB Serpong yang keempat. Acara diisi dengan makan siang bersama dengan dihadiri oleh siswa, simpatisan, dan cabang lain. Pada tahun 2013, grup kami diberi kepercayaan untuk pertama kalinya menyalakan api lilin untuk Wilayah Banten dalam perayaan Malam Bulan Purnama yang lalu.


Si pelatih tidak hanya melatih di hari Sabtu namun ia juga tetap berlatih. Secara rutin, selama 5 tahun belakangan ini,  ia berlatih bersama Dewan Pelatih dan Guru di Pusat setiap hari Minggupagi. Juga berlatih di Grup Cipinang setiap Selasa malam pukul 20.00 WIB bersama pelatih awal yaitu Bapak Dasmal.


Semoga PGB makin jaya dan dapat dirasakan manfaat dan ilmunya bagi masyarakat.

Sekian, Kris Mamusung

Komentar