article dari internet : Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010



eBook Pencak Silat
BUNGA RAMPAI PENCAK SILAT Memahami pencak silat secara jernihPENULIS :Ochid Ajhttp://rasyid-aj.com http://waroengsilat.com ©Oktober 2010
http://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/1-b27e366d04.png
http://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/1-b27e366d04.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/1-b27e366d04.png
 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
2
PENGANTAR 
Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah Tuhan yang maha Perkasa dengan niat berbagiinformasi tentang pencak silat akhir nya
eBook 
ini hadir di hadapan para pembaca dengansegala kekurangannya. BUNGA RAMPAI PENCAK SILAT ditujukan untuk segala lapisanmasyarakat terutama yang belum mengenal secara dekat agar mempunyai pandangan yang jernih tentang apa dan bagaimana pencak silat itu. Bagi masyarakat penggiat pencak silat, isi
eBook 
ini tentu sudah tidak asing lagi, terutama teman-teman penulis, para sahabat silat yanggiat berdiskusi dan mengadakan kegiatan untuk pengembangan dan pelestarian pencak silat.Mengapa
eBook 
? Ini tentu menjadi pertanyaan para pembaca. Ada beberapa alasan mengapapenulis membuat dalam bentuk 
eBook 
, antara lain adalah :1.

eBook 
ini sangat praktis cukup sekali
download 
, bisa dibawa ke mana-mana dan dibacakapan saja. Anda cukup sekali men
download 
nya, menyimpannya dalam komputer,
laptop 
,
flashdisk 
, bahkan di jaman serba canggih ini dapat disimpan dalam telepongenggam sehingga kapan pun anda mau anda tinggal membukanya, membagikannya kerekan-rekan baik melalui email, transfer via
bluetooth 
, dan sebagainya.2.

Bagi seorang pemula yang tidak dikenal, menerbitkan sebuah buku adalah suatu halyang tidak terlalu mudah. Tidak gampang menemukan penerbit yang mau mencetak buku dari seorang penulis yang tidak terkenal, apa lagi sebuah “buku tentang pencak silat” yang kemungkinan
best seller 
sangat jauh di awang-awang. Belum lagi biaya yangharus penulis keluarkan tidak sedikit (ini syarat yang sangat sulit dipenuhi).3.

Memiliki sebuah buku memerlukan dana dan biaya. Penulis sadari tidak semua kalanganmampu membeli, padahal literatur tentang pencak silat seharusnya bisa dimliki olehsegala lapisan masyarakat agar pencak silat menjadi makin populer dikenal dan dekatdengan keseharian kita, kenyataan saat ini hal tersebut masih sulit didapat. Dengan
eBook 
, biaya yang dikeluarkan sangat, sangat murah bahkan seseorang dapat memilikinya tanpa keluar uang sepeser pun.4.

eBook 
ini gratis. Penulis persembahkan ke hadapan masyarakat umum dan masyarakatpenggiat pencak silat secara GRATIS. Mengapa gratis? Salah satu jawabannya adalahpoint nomor 3 di atas. Alasan lainnya adalah : penulis belum menemukan alasanmengapa harus dikomersilkan suatu hal yang dapat penulis bagikan secara percuma.5.

eBook 
ini sangat mudah dimiliki, anda yang punya akses internet tinggal menuju kealamat
website 
penulis, klik link nya pada :www.waroengsilat.com www.rasyid-aj.com  http://bangochid.blogspot.comdan hanya memerlukan beberapa saat untuk men
download 
. Anda tidak perlu membeli,
download 
secara gratis, sebarluaskan pulasecara gratis. Itulah harapan penulis.6.

eBook 
ini tidak hanya berisi gambaran umum tentang apa dan bagaimana pencak silatitu, tetapi penulis juga melengkapinya dengan lampiran sejarah beberapa aliran silatserta daftar perguruan dan tempat latihan pencak silat. Terima kasih kepada seluruh masyrakat dan teman-teman penggiat pencak silat yang haruspenulis akui banyak memberi inspirasi dalam menulis BUNGA RAMPAI PENCAK SILAT ini. Tentusaja banyak isi dari
eBook 
ini yang berasal dan dipengaruhi oleh pengetahuan anda semua.
http://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/2-58d87f0b60.png
http://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/2-58d87f0b60.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/2-58d87f0b60.pnghttp://htmlimg4.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/2-58d87f0b60.png
 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
3
Akhirnya tiada gading yang tak retak, tiada niat yang begitu tulus tanpa hawa nafsu, tiadausaha yang begitu sempurna kecuali Tuhan yang maha Perkasa. Segala masukan, kritik dansaran demi kebaikan kita semua akan penulis terima dengan suka citaWabillahi taufik wal hidayah.
http://htmlimg3.scribdassets.com/2u28m0y81sojqgi/images/3-7d983184a3.jpg
 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
12
Dirajo 
 ; meskipun kepandaian silat pusaka yang mereka miliki dari negeri asal masing-masing sudah ada juga. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa keempat pengawal kerajaan itu pada mulanya berasal dari berbagai kawasan yang berada di sekitar Tanah Basa (= Tanah Asal) ,yaitu di sekitar lembah Indus dahulunya.Mereka merupakan keturunan dari pengawal-pengawal nenek moyang yang mula-mula sekali menjejakkan kaki di kaki gunung Merapi. Nenek moyang yang pertama itu bernama "DAPUNTA HYANG". ( Mid.Jamal,1984:35).Kucieng Siam, seorang pengawal yang berasal dari kawasan Kucin-Cina (Siam); Harimau Campo, seorang pengawal yang gagah perkasa,terambil dari kawasan Campa ; Kambieng Utan , seorang pengawal yang berasal dari kawasan Kamboja, dan Anjieng Mualim, seorang pengawal yang datang dari Persia/Gujarat.Sehubungan dengan itu, kedudukan atau jabatan pengawalan sudah ada sejak nenek moyang suku Minangkabau bermukim di daerah sekitar gunung Merapi di zaman purba; sekurang-kurangnya dalam abad pertama setelah timbulnya kerajaan Melayu di Sumatera Barat.Pemberitaan tentang kehadiran nenek moyang (Dapunta Hyang) dimaksud telah dipublikasikan dalam prasasti "Kedukan Bukit" tahun 683 M, yang dikaitkan dengan keberangkatan Dapunta Hyang dengan balatentaranya dari gunung Merapi melalui Muara Kampar atau Minang Tamwan ke Pulau Punjung / Sungai Dareh untuk mendirikan sebuah kerajaan yang memenuhi niat perjalanan suci missi. dimaksud untuk menyebarkan agama Budha. Di dalam perjalanan suci yang ditulis/ dikatakan dalam bahasa Melayu Kuno pada prasasti tsb dengan perkataan : " Manalap Sidhayatra" (Bakar Hatta,1983:20), terkandung  juga niat memenuhi persyaratan mendirikan kerajaan dengan memperhitungkan faktor-faktor strategi militer, politik dan ekonomi.Kedudukan kerajaan itupun tidak bertentangan dengan kehendak kepercayaan/agama, karena di tepi Batanghari ditenukan sebuah tempat yang memenuhi persyaratan pula untuk memuja atau mengadakan persembahan kepada para dewata. Tempat itu, sebuah pulau yang dialiri sungai besar, yang merupakan dua pertemuan yang dapat pula dinamakan "Minanga Tamwan" atau "Minanga Kabwa".Akhirnya pulau tempat bersemayam Dapunta Hyang yang menghadap ke Gunung Merapi (pengganti Mahameru yaitu Himalaya) itu dinamakan Pulau Punjung (asal kata: pujeu artinya puja). Sedangkan kerajaan yang didirikan itu disebut dengan kerajaan Mianga Kabwa dibaca: Minangkabaw. ( http://sahabatsilat.com/forum/tokoh-pencak-silat/drs- mid-jamal-dosen-aski-padang-panjang-(-mengenang-jasa-dan- karyanya)  
Kalau kita baca dan simak tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa
tambo alam 
ini adalahsejarah tertulis yang paling tua yang menceritakan tentang asal-usul pencak silat (
silek minang 
). Di situ juga dapat kita lihat bahwa perkembangan pencak silat tidak lepas dariakulturasi budaya.
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
13
Pencak silat Sunda (
amengan, ulin, maenpo 
) pun yang begitu kaya aliran-aliran silat sertamenjadi
mainstream 
dalam perkembangan pencak silat di tanah air tidak mempunyai banyak sumber tertulis yang dapat dijadikan bahan penelusuran asal muasal nya. Salah satu sumberyang dapat ditemukan adalah sebuah
kidung sundayana 
yang menceritakan tentang heroiknyapasukan kerajaan Pajajaran yang dipimpin langsung oleh sang Sang Prabu MaharajaLinggabuwana Wisesa dalam
Sanghyang Sikshakandha Ng Karesiyan : 
“Puluh-puluh rombongan heunteu kaitung Tujuh rupa penca, anu ulin pakarang bae Lain deui bangsa, serimpi bedaya” Puluh-puluh rombongan tidak terhitung,Tujuh rupa penca, yang memainkan senjata Berbeda lagi bangsa, serimpi bedaya.
(http://sahabatsilat.com/forum/silat-diskusi-umum/akar-silat-sunda/msg17323/?topicseen#msg17323)Dalam kidung di atas disebutkan adanya “tujuh rupa penca”. Apakah tujuh rupa penca itumerupakan tujuh jenis bela diri, tujuh aliran, tujuh teknik ataukah tujuh teknik perang? Apabilaitu adalah tujuh jenis penca/tujuh aliran, penca apa sajakah? Aliran apa sajakah? Sampai saatini belum ada titik terang dan masih membutuhkan upaya keras untuk memecahkannya.Aliran silat Sunda manakah yang paling tua? Ini pun masih menjadi bahan kajian yang menarik,karena masing-masing aliran punya argumentasi dan riwayat tutur yang menyebutkan bahwaaliran nya yang paling tua. Penulis tidak mau terjebak dalam polemik ini, karena inilahkelemahan budaya tutur, tidak ada bukti otentik untuk membenarkan argumen suatu kelompok atau aliran.Pada jaman penjajahan Belanda pencak silat tidak dapat berkembang karena dilarang olehpemerintah kolonial, sedangkan pada masa pendudukan Jepang pencak silat mengalamikemajuan karena Jepang memberikan kebebasan untuk melatih dan berlatih pencak silat,bahkan mereka kerap mengadakan suatu pertandingan yang mengumpulkan beberapa jawara,pertandingan silat antar jawara/pendekar atau melawan jago-jago bela diri jepang.Pada masa setelah kemerdekaan, seiring dengan bangkitnya nasionalisme, perkembanganpencak silat mengalami suatu masa sejarah penting di mana pada tanggal 18 Mei 1948 diSurakarta terbentuklah IPSI yang diketuai oleh Mr. Wongsonegoro. Pencak Silat sebagai senibela diri bangsa Indonesia, merupakan kata majemuk adalah hasil dari seminar Pencak Silattahun 1973 di Tugu Bogor. Sedangkan definisi Pencak Silat, selengkapnya dibuat oleh PengurusBesar IPSI bersama BAKIN pada tahun 1975 sebagai berikut :
Pencak Silat adalah hasil budayamanusia Indonesia untuk membela atau mempertahankan eksintensi (kemandirian) intergritasnya (manunggalnya) terhadap lingkungan hidup atau alam sekitar untuk mencapai keselarasan hidup guna peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Dalam Seminar ini pulalah dilakukan pengukuhan istilah bagi seni pembelaan diri bangsa Indonesia dengan nama "Pencak Silat" 
.

 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
14
KETERKAITAN DAN SALING MEMPENGARUHI DALAM PENCAK SILAT
Sebagai sebuah produk budaya yang lahir, hidup dan berkembang di tengah masyarakat,pencak silat tidak bisa melepaskan diri dari unsur keterkaitan dan saling mempengaruhi satusama lain. Dalam
Tambo Alam Minangkabau 
yang telah diulas di atas kita menemukan buktinyata bahwa pada masa-masa awal pun keterkaitan dan saling mempengaruhi ini sudah ada.Para pengawal Nini Datu Suri Dirajo berasal dari berbagai macam bangsa dengan ilmu bela dirimasing-masing yang dibawa nya. Silek Minang yang kita kenal saat ini seperti
silek tuo, silek kumango, lintau, sitarlak, dll 
adalah turunan dari ilmu bela diri yang diwariskan oleh nenek moyang nya jaman dahulu. Tentu saja sudah tidak dalam bentuk asli nya karena telah terjadiakulturasi yang demikian sempurna.Ilmu bela diri dari negeri Cina mempunyai pengaruh yang signifikan dalam perkembanganselanjutnya. Laksamana Ceng Ho dengan ekspedisi raksasanya membawa sekian banyak pendekar dan ahli bela diri, ekspansi tentara Majapahit yang dipimpin Gajah Mada ke seluruhpenjuru Nusantara (kecuali kerajaan Sunda yang tidak pernah bisa ditaklukan) tentunyamembawa ratusan bahkan ribuan pendekar. Asimilasi dengan penduduk setempat tentu jugamempengaruhi bela diri masing-masing.Maen pukulan Betawi sangat kental pengaruh kuntawnya serta Cimande dan Banten. Contohpaling menarik adalah Beksi, yang berasal dari pendekar berdarah Cina di Kampung Benteng Tangerang,
Lie Ceng Ok 
. Beksi adalah akulturasi cantik sebuah seni bela diri. Mustika Kwitangadalah contoh lain yang menarik di mana nama aliran ini merupakan gabungan dari dua namapendekar yang sangat tangguh pada masa nya. Haji Mustika pendekar Betawi, dan
Kwee Tang Kiam 
, pendekar berdarah Cina. Perguruan silat Tiga Berantai, Si Kilat, Si Pecut, diduga mewarisibela diri tentara/pasukan kerajaan Demak.Cimande adalah satu dari beberapa aliran silat yang sangat terkenal dan mempengaruhi sekianbanyak aliran dan perguruan silat bahkan sampai ke luar negeri. Abah Khair yang dikenalsebagai pencipta Cimande telah memiliki ilmu bela diri sebelumnya. Akulturasi aliran Cimandedengan aliran lainnya telah melahirkan berbagai aliran pencak silat, salah satu contoh yangsangat terkenal adalah Maenpo Cikalong.Maenpo Cikalong diciptakan oleh Raden Haji Ibrahim Jayaperbata (1819-1906), seorangbangsawan Cianjur, keturunan dalem Cikundul, Cikalong, Cianjur. Rd. H. Ibrahim adalahseorang yang sangat berbakat dalam hal bela diri, berbagai aliran penca dipelajarinya, mulaidari kakak iparnya Raden Ateng Alimudin pendekar Cimande, Bang Ma’ruf pendekar Betawi,Bang Madi pendekar dari Minang, dan Bang Kari pendekar dari Betawi. Asimilasi dan akulturasidari berbagi aliran silat itu melahirkan suatu aliran baru yaitu Maenpo Cikalong.Beberapa perguruan silat yang sangat terkenal saat ini seperti PS Setia Hati (Teratai, Winongo,Organisasi) yang didirikan oleh Eyang Suro adalah asimilasi dari berbagai aliran silat yang beliaupelajari. Demikian pula dengan Keluarga Silat Nasional Perisai Diri yang dibentuk oleh Pak Dirdjo, adalah hasil dari asimilasi berbagai aliran silat.

 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
15
Aliran silat Sabandar yang dibawa oleh Mama Kosim (Mohammad Kosim, seorang pendekar dariMinang, yang kelak lebih dikenal sebagai Mama Sabandar, karena menetap di Kampungsabandar Cianjur) sangat banyak mempengaruhi perkembangan aliran silat dan perguruan silatbaik di Jawa Barat, Betawi, maupun Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nama-nama perguruansilat seperti PS Aji Rasa Sabandar Kari Madi dan PSP Bandarkarima (sabandar kari madi)merupakan bukti akan hal itu.Keterkaitan dan saling mempengaruhi ini mutlak sangat perlu kita sadari untuk menghindarifanatisme buta yang menganggap bahwa aliran/perguruannya lah yang paling hebat.Keterkaitan dan saling mempengaruhi ini juga membuktikan bahwa tiap aliran memilikikelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentu saja di sana ada satu wujud talisilaturahim para pendahulu kita.

 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
16
ALIRAN DAN PERGURUAN
Berbicara mengenai sumber dari mana seseorang belajar pencak silat, kerap muncul duapertanyaan: alirannya apa? perguruanya apa? pertanyaan ini sangat wajar mengingat banyak sekali aliran dan perguruan silat yang ada di Indonesia. Bahkan ada yang menyebutkantardapat lebih dari 600 aliran/perguruan (?). mungkin perlu diadakan sensus pencak silat untuk mendapatkan data yang valid. Apakah perbedaan antara aliran dan perguruan? Akan kita cobabahas di bawah ini.
Aliran pencak silat
, IPSI maupun PERSILAT mendefinisikannya sebagai corak atau gaya yangkhas ada pada pencak silat suatu daerah. Atau dengan kata lain aliran pencak silat adalah cirikhas kental yang ada pada pencak silat lokal daerah tertentu bisa diterjemahkan juga sebagaibentuk keilmuannya. Menurut penulis definisi di atas rancu disebabkan sangat sulit menentukanciri khas nya. Merujuk pada pembahasan di atas, selalu ada keterkaitan dan salingmempengaruhi antara pencak silat satu dengan lainnyaPenulis berpendapat bahwa
aliran pencak silat
merujuk pada pengertian sumber awal (yangmasih bisa ditelusuri) pencak silat tersebut berasal. Aliran silat bersifat original, klasik, danmerupakan sumber yang mempengaruhi. Aliran silat juga bisa dibagi menjadi dua :1.

Merujuk kepada daerah asal : seperti aliran silat Jawa Barat, Betawi, Sumatera Barat,Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, dan sebagai nya2.

Merujuk ke jenis pencak silat sendiri, seperti aliran Cimande, Cikalong, Silek Tuo,Kumango, Harimau, Seliwa, Cingkrig, Beksi, Sendeng, Sera, Gerak Gulung Budi Daya,dan lain-lain.
Perguruan
adalah wadah organisasi yang mengajarkan suatu jenis pencak silat dari satu ataubeberapa aliran. Kita mengenal banyak perguruan silat di tanah air dari yang sangat terkenalsampai yang tidak dikenal masyarakat umum. Contoh perguruan yang sangat terkenal adalahKELUARGA SILAT NASIONAL PERISAI DIRI, PPS BETAKO MERPATI PUTIH, PGB BANGAUPUTIH, TAJIMALELA, KPS NUSANTARA, PERSAUDARAAN SETIA HATI, TAPAK SUCI PUTRAMUHAMMADIYAH, , PS AJI RASA SABANDAR KARI MADI, PS BANDARKARIMA, DLL. Perguruan-perguruan silat tersebut telah sangat terkenal dengan manajemen organisasi yang bagus,bahkan mempunyai cabang-abang di luar negeri, dan telah banyak mengukir prestasi melaluiatlet-atlet nya.Daftar perguruan silat besarta tempat latihan dapat dilihat pada lampiran buku ini.

 
Ochid Aj-bunga rampai pencak silat©2010
17
UNSUR-UNSUR DALAM PENCAK SILAT
Pencak silat sering disebut sebagai seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri bisaberarti seni dalam pembelaan diri atau dapat dimaknai sebagai dua pengertian yaitu
seni
dan
bela diri.
Apabila kita kembali ke sejarah terciptanya istilah pencak silat, pengertian kedua iniyang lebih mendekati. Tetapi bila kita kembali ke makna awal bahwa pencak silat adalah alatuntuk membela diri, maka seni bela diri adalah
seni untuk membela diri.
Seni adalah suatukeindahan yang dapat dinikmati baik kasat mata maupun tidak kasat mata, seni adalah suatupola baik nyata maupun abstrak, oleh karena itu seni bela diri adalah “suatu pola teratur yangdapat dinikmati keindahannya dalam suatu aksi pembelaan diri”. Bela diri sendiri bermaknasuatu pertarungan/pertempuran baik secara fisik atau pun non fisik. Non fisik tidak berartimistik/
magic 
. Non fisik dalam bela diri bisa berupa aktivitas lisan (negosiasi), sikap (ramah,sopan santun, mengalah, tegas)Berdasarkan uraian di atas, maka unsur-unsur
seni
dan
bela diri
dalam pencak silatmencakup dua aspek, yaitu :1.

Aspek lahir, yang terdiri dari : teknik, jurus, aplikasi, kaedah/kaidah2.

Aspek batin, yang terdiri dari : sikap/perilaku, filosofi, ketuhanan
TEKNIK 
 Teknik adalah sistim atau cara melakukan suatu gerakan atau tidak melakukan apa-apa dalampencak silat. Diam, atau tidak melakukan apa-apa juga merupakan suatu teknik, contohnyaadalah sikap tenang dengan memandang tajam ke arah lawan. Ada ratusan bahkan ribuanteknik dalam pencak silat yang mencakup beragam gaya dan bentuk. Contoh : teknik

Komentar